Yamaha STSJ

Reduksi Emisi Karbon, Yamaha Lakukan CSR Penanaman Mangrove di Berbagai Daerah

Daftar Isi


JURNALOTO.COM - Kepedulian Yamaha Motor Group terhadap lingkungan hidup diwujudkan melalui berbagai cara, salah satunya adalah aktivitas penanaman mangrove yang bertujuan untuk menekan emisi karbon. 

Program ini juga memperkuat konservasi lingkungan dan keanekaragaman hayati, yang pada akhirnya meningkatkan kualitas hidup masyarakat di berbagai wilayah Indonesia. 

Aksi Corporate Social Responsibility (CSR) ini dilakukan oleh PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), PT. Yamaha Motor Parts Manufacturing Indonesia (YPMI), dan bahkan oleh Yamaha Motor Company, Ltd. (YMC) Jepang.

Program ini selaras dengan visi jangka panjang Yamaha Global dalam percepatan target zero karbon hingga tahun 2035, atau 15 tahun lebih awal dari target Indonesia yang zero karbon di tahun 2050. Untuk mewujudkan visi tersebut, program penanaman mangrove ini telah aktif dilakukan Yamaha sejak tahun 2022.

Dalam rangka merayakan 50 tahun berdirinya Yamaha Motor di Indonesia, perusahaan terus berupaya melakukan berbagai aktivitas yang mendukung kepedulian terhadap lingkungan, termasuk penanaman pohon mangrove yang hingga bulan Juli 2024 ini telah mencapai lebih dari 40.000 pohon. 

Aktivitas penanaman ini termasuk kegiatan yang dilakukan pada Hari Mangrove Sedunia, 26 Juli 2023. 

Lokasi penanamannya tersebar di berbagai daerah seperti Pantai Indah Kapuk Jakarta dan Desa Muarabaru Karawang. Targetnya, hingga tahun 2026 akan ditanam sebanyak 150.000 pohon mangrove.

Yamaha Motor Indonesia juga aktif bersama pemerintah dalam program penanaman pohon lainnya, seperti gerakan “Tanam Pohon Bersama Presiden RI” yang digelar pada 29 November 2023 secara serentak di Jabodetabek. 

Dalam gerakan ini, sebanyak 22.800 pohon ditanam, dengan pusat acara di Hutan Kota PT JIEP Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur. 

Yamaha Motor Indonesia turut berkontribusi dengan memberikan bantuan pohon seperti Trembesi, Mahoni, Nangka, dan Matoa.

"Kepedulian Yamaha Motor Indonesia dan global terhadap lingkungan hidup berkaitan dengan peningkatan kualitas hidup masyarakat. Kami wujudkan hal tersebut salah satunya melalui aktivitas penanaman mangrove yang secara konsisten kami lakukan. Hingga tahun 2024, kami akan terus melakukan penanaman lebih dari 50.000 pohon mangrove dan target sampai 2026 adalah 150.000 pohon mangrove di berbagai wilayah Indonesia. Ini juga merupakan bagian dari upaya Yamaha dalam mencapai Net Zero Carbon atau secara riil CO2 yang dihasilkan industri Yamaha bisa turun mencapai 92% sampai dengan tahun 2035. Kami harapkan kontribusi Yamaha Motor Indonesia ini turut membantu pengurangan emisi karbon di Indonesia," ungkap Dyonisius Beti, President Director & CEO PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Aktivitas CSR lingkungan hidup ini akan dilakukan secara berkelanjutan, tidak hanya oleh Yamaha Motor Group di Indonesia tetapi juga oleh Yamaha Motor Company, Ltd. (YMC) Jepang. 

YMC telah merilis proyek penanaman mangrove di Indonesia melalui service agreement dengan YL Forest Co., Ltd. (“YLF”), sebuah perusahaan yang berkantor pusat di Fukuoka. 

Proyek ini bertujuan untuk berkontribusi pada keanekaragaman hayati, netralitas karbon, dan mencegah polusi laut. Melalui proyek yang dikerjakan YLF ini, YMC akan menanam mangrove seluas 215 hektar (sekitar 370.000 pohon) dan mengelola proyek ini.

Dengan aktivitas CSR penanaman pohon mangrove ini, Yamaha Motor Group diharapkan dapat membantu mengurangi emisi karbon di Indonesia, dengan total sebanyak 520.000 pohon mangrove akan ditanam.


Posting Komentar